10 Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Karat pada Besi

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Karat merupakan masalah yang sering dan umum ditemui pada benda-benda berbahan dasar besi, termasuk peralatan rumah tangga seperti pisau, gunting, dan alat berkebun. Karat biasanya terlihat sebagai lapisan coklat kemerahan yang kasar pada permukaan besi. 

Perubahan warna dan tekstur ini tidak hanya mengurangi estetika pada barang, namun bisa menjadi sangat berbahaya juga untuk kesehatan, terutama jika terhirup atau tertelan secara tidak sengaja. 

Untungnya proses menghilangkan karat besi tidak sulit lho! Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah, kita bisa membersihkan karat dan mengembalikan fungsi serta penampilan aslinya. Mau tau lebih lanjut tentang bagaimana cara untuk menghilangkan karat pada besi? Yuk cek di bawah ini!

Apa Penyebab Karat Pada Besi?

Pada umumnya, karat terjadi karena besi bereaksi dengan oksigen dan air, kombinasi dua hal ini dapat membentuk zat yang kita kenal sebagai karat. Namun ada juga beberapa hal yang ternyata bisa mempercepat terjadinya karat pada besi lho!

  • Pengaruh Cuaca dan Udara: Besi yang terpapar elemen-elemen alam seperti hujan, kelembapan, dan oksigen akan lebih mudah mengalami oksidasi, yang menyebabkan karat. Ini karena kondisi cuaca yang lembab akan mempercepat proses korosi pada besi.
  • Terpapar Bahan Kimia: Bahan kimia tertentu, seperti asam dan garam, dapat mempercepat proses oksidasi pada besi. Saat besi berkontak langsung dengan bahan ini, maka karat dapat berkembang dengan lebih cepat.
  • Tidak diberi Pelapis Pelindung: Besi yang tidak dilapisi dengan pelindung seperti cat, minyak, atau lapisan galvanis lebih rentan terhadap korosi. Pelapis pelindung membantu mencegah kontak langsung antara besi dan elemen penyebab karat.
  • Paparan Udara Laut: Udara di dekat laut mengandung kadar garam yang tinggi, yang dapat mempercepat korosi pada besi. Paparan terus-menerus terhadap udara laut menyebabkan besi berkarat lebih cepat dibandingkan dengan udara non-pantai.
  • Disimpan di Tempat dengan Suhu Tinggi: Suhu tinggi dapat meningkatkan laju reaksi kimia, termasuk oksidasi besi. Penyimpanan besi di tempat dengan suhu tinggi dan kelembapan tinggi dapat mempercepat pembentukan karat.

Bagaimana Cara Menghilangkan Karat pada Besi?

1. Rendam dan Gosok dengan Cuka

Cara pertama dan sangat mudah dilakukan untuk menghilangkan karat pada besi adalah dengan merendam dan menggosoknya dengan cuka. Seperti yang sudah diketahui, cuka tidak hanya bisa digunakan untuk memasak, tetapi juga merupakan pembersih yang sangat efektif untuk menghilangkan berbagai macam noda seperti noda tinta pada pakaian atau noda kerak di kamar mandi, termasuk karat pada besi.

Untuk menggunakannya, pertama-tama siapkan larutan air cuka yang cukup untuk merendam benda yang ingin dibersihkan dari karat. Rendam benda berkarat tersebut dalam larutan cuka semalaman, dan pastikan seluruh bagian benda terendam dengan baik.

Setelah direndam seharian, kamu dapat menggosoknya dengan menggunakan sikat gigi bekas hingga benda tersebut bersih dari karat. Jika masih ada sisa karat, ulangi proses sebelumnya sampai karat benar-benar hilang.

2. Oleskan dengan Pasta Gigi

Pasta gigi juga merupakan cara praktis dan cukup ampuh untuk menghilangkan reaksi kimia yang menyebabkan karat. Cukup oleskan pasta gigi ke permukaan barang berkarat dan biarkan pasta gigi mengering dengan sendirinya, tunggu sampai benar-benar kering sebelum menggosoknya hingga bersih.

3. Sabun Cuci Piring

Kamu juga dapat membersihkan barang dari karat dengan menggunakan sabun pencuci piring lho! Pertama-tama, siapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan, seperti sabun pencuci piring, sikat gigi bekas, dan air secukupnya.

Setelah semua bahan siap, masukkan benda berkarat ke dalam wadah. Tetesi permukaannya dengan sabun pencuci piring secara perlahan dan biarkan meresap. Tambahkan air secukupnya dan mulai gosok dengan sikat gigi bekas sampai karat terangkat. Kamu bisa terus mengulangi langkah ini sampai seluruh permukaan bebas dari karat.

lemon dan garam ampuh menghilangkan karat pada besi

4. Perasan Lemon dan Garam

Kombinasi lemon dan garam juga sangat efektif untuk menghilangkan karat. Untuk menggunakannya juga sangat mudah! Kamu hanya perlu menyiapkan barang yang berkarat, lalu menaburkan garam secara merata hingga menutupi permukaannya. Selanjutnya, teteskan air perasan lemon dan biarkan bahan-bahan tersebut bereaksi. 

Diamkan selama sekitar 2 jam, atau lebih lama untuk karat yang lebih parah. Setelah itu, kamu bisa menggosok permukaan dengan kawat besi atau sikat. Bilas dengan air, dan kemudian jemur di bawah sinar matahari untuk mengeringkannya.

5. Asam Oksalat

Asam oksalat mengandung senyawa yang sangat kuat dan beracun sehingga kamu perlu sangat berhati-hati saat menggunakannya. Disarankan untuk menggunakan asam oksalat hanya untuk peralatan luar ruangan yang berkarat, seperti kursi taman atau pagar.

6. Oles dengan Pasta Baking Soda

Jika karat yang menempel masih sedikit dan ringan, kamu bisa menggunakan baking soda untuk membersihkannya. Cara menghilangkan karat pada besi dengan baking soda cukup sederhana. Campurkan baking soda dengan air untuk membuat pasta. Selanjutnya, oleskan pasta ini secara merata ke area yang berkarat pada benda tersebut.

Pastikan semua bagian yang terkena karat telah tertutup dengan baik oleh pasta tersebut, dan diamkan sekitar satu jam atau lebih. Setelah cukup lama, gunakan sikat kawat untuk menggosok benda hingga karat terangkat dan hilang dari besi. Terakhir, bilas dengan air dan keringkan hingga bersih.

7. Gosok dengan Amplas

Metode ini telah terbukti efektif untuk membersihkan perkakas rumah tangga dari karat. Namun perlu diingat cara ini mungkin memerlukan tenaga yang besar, untuk membersihkan karat dengan menyeluruh dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Gunakan amplas halus atau kertas pasir kecil untuk meratakan permukaan dan menghilangkan sisa-sisa karat yang masih menempel. Lanjutkan menggosok secara terus-menerus sampai permukaan benar-benar bersih. Jika karat terlalu membandel, ulangi proses ini beberapa kali.

8. Rendam dalam Kentang dan Sabun

Kentang mengandung asam oksalat yang efektif dalam melarutkan karat pada besi. Oleh karena itu meski mungkin terdengar tidak meyakinkan, kentang umumnya sangat efektif untuk menghilangkan karat. 

Untuk menggunakannya, pertama-tama, potong kentang menjadi lapisan-lapisan tipis atau haluskan dengan blender atau tumbukan. Kentang yang telah dihaluskan atau diiris tipis kemudian dicampur dengan sabun cuci piring dalam jumlah yang cukup. Aduk campuran tersebut hingga merata dan oleskan ke area yang berkarat pada besi. Biarkan campuran kentang dan sabun tersebut meresap ke dalam lapisan besi selama beberapa jam. Setelah itu, gunakan sikat untuk menggosok sisa-sisa karat yang masih menempel.

Setelah proses penggosokan selesai, bersihkan area yang telah dibersihkan dengan menggunakan kain kering untuk mengangkat residu campuran kentang dan sabun.

9. Oli Bekas

Jarang diketahui bahwa oli bekas ternyata cukup efektif digunakan untuk menghilangkan karat yang ada di besi. Caranya sangat mudah, kamu cukup mengoleskan oli bekas dari motor atau mobil ke bagian yang berkarat.

10. Asam Sitrat

Cara terakhir namun tidak kalah efektif, kamu bisa menggunakan asam sitrat untuk menghilangkan karat pada besi. Untuk menghilangkan karat pada besi dengan asam sitrat, kamu hanya perlu mencampur air hangat dengan asam sitrat. Kemudian rendam benda yang berkarat dalam larutan ini selama 30 hingga 60 menit. Proses perendaman ini akan membuat bintik-bintik karat pada besi menjadi lunak dan dapat terangkat dengan mudah. Setelah direndam, gunakan sikat atau sabut untuk menggosok permukaan besi hingga karat benar-benar hilang.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan saat karat muncul pada permukaan besi dirumah. Dengan perhatian dan perawatan yang tepat, besi dapat dijaga agar terhindar dari karat, dan jika karat tetap terjadi, kamu tidak perlu khawatir karena cara yang sudah dijelaskan diatas bisa dilakukan untuk menghilangkannya!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
You subscribed successfully!
Welcome to Luce community! You can cancel your subscription at any time
by clicking on the Unsubscribe link in every newsletter.
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Related articles
General
Mau Membersihkan Air Kolam Ikan? Ini 7 Cara Mudah dan Cepatnya!
General
7 Cara Mencuci Botol Minum Baru agar Tidak Bau, Dijamin Efektif!
General
4 Cara Membersihkan Botol Minum Plastik Kusam: Praktis dan Efisien!
No items found.
No items found.
Scroll to Top