Cleaning Service: Pengertian dan Tugasnya

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Menjaga kebersihan suatu tempat, baik tempat tinggal, tempat usaha, bahkan perkantoran - bukanlah tugas yang mudah dilakukan. Apalagi jika tempat tersebut memiliki ukuran besar, dan frekuensi penggunaan yang tinggi. Di sinilah peran cleaning service menjadi sangat penting.

Namun sayangnya, meski peran cleaning service krusial, masih banyak yang tidak memahami dengan jelas apa sebenarnya tugas yang dilakukan oleh cleaning service. Mau tau lebih lanjut tugas cleaning service adalah apa? Baca penjelasan dibawah ini ya!

Apa itu Cleaning Service?

Cleaning service adalah penyedia layanan kebersihan yang tersedia untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, lingkungan bisnis dan komersial, maupun tempat umum lainnya yang membutuhkan jasa pembersihan. Mereka adalah tenaga profesional yang terlatih dan ahli dalam melakukan berbagai tugas pembersihan. Oleh karena itu pada umumnya cleaning service pasti menawarkan jaminan kualitas layanan untuk memastikan kepuasan pelanggan. 

Jenis Cleaning Service

  • General Cleaning: Merupakan jenis layanan cleaning service yang mencakup pembersihan umum di berbagai jenis lingkungan. Biasanya layanan general cleaning hanya digunakan pada suatu waktu tertentu dan saat dibutuhkan saja. 
  • Home Cleaning: Layanan ini adalah jasa bersih rumah tangga yang terfokus untuk membersihkan dan merapikan rumah. Home cleaning umumnya meliputi pembersihan kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Dengan menggunakan layanan home cleaning, maka rumahmu akan dijaga kebersihannya bahkan pada area yang sulit dijangkau!
  • Commercial Cleaning: Layanan pembersihan ini ditujukan untuk lingkungan bisnis dan komersial, seperti perkantoran, restoran, pusat perbelanjaan, dan hotel. Membersihkan bangunan besar dan luas yang biasanya ditempati oleh lingkungan bisnis dan komersial tentunya membutuhkan banyak tenaga. Oleh karena itu mengontrak penyedia jasa commercial cleaning bisa menjadi pilihan yang lebih efektif.
  • Specialized Cleaning: Jenis layanan pembersihan ini ditujukan untuk lingkungan atau situasi tertentu yang memerlukan penanganan khusus, seperti pembersihan pasca-renovasi, pembersihan akibat bencana, dan pembersihan sanitasi. Specialized cleaning membutuhkan pengetahuan dan peralatan khusus untuk menangani situasi yang lebih kompleks dan membutuhkan penanganan menyeluruh.
pengertian cleaning service dan tugasnya

Apa Saja Tugas Cleaning Service?

1. Memastikan Kebersihan Lantai

Lantai adalah salah satu penanda utama rumah kotor atau tidak. Jika rumah kotor, saat menapaki lantai kita bisa langsung merasakan debu dan betapa kotor lantai tersebut. Oleh karena itu, memastikan kebersihan lantai adalah salah satu tugas utama cleaning service. Cleaning service perlu menggunakan alat pembersih yang sesuai seperti sapu, pel, dan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai dari kotoran, noda, dan memastikan lantai bersih dan bebas dari kuman.

2. Merapikan Ruangan Bagian Dalam

Cleaning service juga bertanggung jawab untuk merapikan ruangan rumah bagian dalam. Seperti memastikan penataan dekorasi, ataupun bantal sofa yang tidak berada di tempatnya; dikembalikan dan disusun kembali dengan rapi.

3. Mengelap Perabotan dan Dekorasi

Rumah yang berdebu dapat menjadi bahaya karena debu mengandung alergen, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Menyewa jasa cleaning service akan sangat membantu mengelola debu dalam rumah, karena mereka akan membersihkan perabotan dan dekorasi di dalam ruangan, menggunakan kain lap atau pembersih lainnya yang sesuai untuk menghilangkan segala jenis debu dan kotoran.

4. Membersihkan Jendela dan Kaca

Cleaning service juga akan membersihkan jendela dan kaca untuk menghilangkan debu, noda, maupun bekas sidik jari dari permukaan kaca. Cleaning service pastinya memiliki beragam alat pembersih kaca seperti squeegee, kain microfiber, dan cairan khusus yang efektif untuk memastikan kaca bersih dan kinclong. Kaca yang bersih dapat menunjang dekorasi rumah serta meningkatkan kesan bersih dan rapi dalam ruangan. 

5. Menjaga Kebersihan Toilet

Salah satu tugas kritis cleaning service adalah menjaga kebersihan toilet. Mereka akan membersihkan toilet, wastafel, dan area sekitarnya menggunakan pembersih yang sesuai. Kamar mandi seringkali dianggap sebagai tempat paling kotor dan banyak bakteri. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kamar mandi sangat penting untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan.

6. Mengosongkan Tempat Sampah

Cleaning service akan mengosongkan tempat sampah dari berbagai area di dalam ruangan. Mereka juga akan membersihkan wadah sampah agar tetap bersih dan bebas dari bau tidak sedap.

7. Membersihkan Bagian Luar

Jika diperlukan, cleaning service juga akan membersihkan bagian luar tempat, seperti teras, halaman, atau area parkir. Ini termasuk membersihkan debu, daun kering, atau sampah lainnya.

Dengan menjalankan tugas-tugas ini secara rutin dan teliti, cleaning service akan memastikan bahwa tempat tetap bersih, rapi, dan nyaman! 

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
You subscribed successfully!
Welcome to Luce community! You can cancel your subscription at any time
by clicking on the Unsubscribe link in every newsletter.
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Related articles
Home Cleaning
10 Rekomendasi Bahan Pembersih yang Mudah Ditemukan & Ramah Lingkungan
Apa Itu General Cleaning? Pengertian dan Manfaatnya
No items found.
No items found.
No items found.
Scroll to Top