4 Cara Membersihkan Peralatan Aluminium di Rumah

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Aluminium adalah salah satu jenis logam yang memiliki keunggulan, yaitu ringan dan kuat. Karena keunggunlan inilah, aluminum sering kali menjadi pilihan utama untuk berbagai aplikasi kebutuhan rumah, terutama dalam pembuatan peralatan dapur.

Namun, perawatan yang tepat diperlukan untuk memastikan peralatan aluminum tetap bersih dan aman digunakan dalam dapur. Yuk cari tau, langkah apa yang perlu diambil untuk memastikan bahwa peralatan dapur tetap bersih, dan aman digunakan dalam rutinitas memasak sehari-hari.

4 Cara Membersihkan Peralatan Aluminum

1. Sabun Cair dan Air Hangat

Sabun cair dan air hangat adalah salah satu cara paling umum digunakan untuk membersihkan peralatan aluminum. Membersihkan peralatan aluminum dengan cara ini juga sangat efektif untuk membersihkan debu, lemak, dan kotoran ringan pada permukaan aluminium. Sabun cair dapat membantu melarutkan kotoran tanpa merusak lapisan pelindung aluminum, oleh karena itu tentunya ini sangat aman digunakan secara rutin tanpa resiko merusak atau menyebabkan korosi pada aluminum. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu mencuci peralatan aluminum dengan sabun cair dan membilasnya dengan air hangat.

2. Larutan Cuka dan Air

Cuka yang dicampur dengan air, juga bisa menjadi larutan yang sangat efektif untuk membersihkan peralatan dapur yang berbahan alumunium. Cuka mengandung asam asetat yang efektif dalam menghilangkan noda membandel, karat ringan, dan mengembalikan kilau pada aluminium. Namun perlu diingat, meski cara ini sangat efektif untuk menghilangknan noda maupun karat, membersihkan alumunium terlalu sering dengan larutan cuka yang kuat dapat merusak lapisan aluminium. Jadi, pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakan cuka untuk membersihkan peralatan aluminum ya!

3. Soda Kue 

Soda kue, juga dikenal sebagai baking soda juga dapat efektif digunakan untuk membersihkan peralatan aluminium karena sifat kimianya. Soda kue memiliki sifat abrasif yang lembut, sehingga mampu membersihkan permukaan peralatan aluminium tanpa merusak atau mengikis lapisan permukaan yang lebih dalam. Sebagai bahan basa (alkali), soda kue bertentangan dengan sifat asam, sehingga membantu menghilangkan noda dan karat yang mungkin menempel pada aluminium. 

Untuk menggunakan soda kue sebagai pembersih aluminum, kamu hanya perlu menaburkan sedikit bubuk soda kue pada permukaan aluminium. Kemudian, gunakan kain microfiber untuk menggosok permukaan aluminum dengan sedikit tekanan. Cara ini akan sangat efektif untuk kembali mengembalikan kilau aluminum!

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun terbukti efektif dalam mengembalikan kilau dan menghilangkan noda pada aluminum, serta membantu melindungi permukaan dari korosi, Meskipun aman digunakan sebagai bahan pembersih, namun perlu diingat untuk selalu mencuci ulang peralatan aluminum dapur untuk menghilangkan sisa minyak agar tidak meninggalkan residu berlebihan. Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih alumuinum, kamu perlu mengoleskannya ke permukaan aluminum dan gosok perlahan untuk mengangkat noda.

cara membersihkan aluminium

Bagaimana Cara Merawat Peralatan Aluminium?

Hindari Pembersih dengan Bahan Kimia Kuat

Aluminium rentan terhadap kerusakan jika terkena bahan kimia kuat seperti asam sulfat atau larutan alkali yang tinggi. Oleh karena itu, baiknya selalu gunakan pembersih yang lembut seperti sabun cair atau larutan cuka yang encer. Pastikan juga untuk membaca label pembersih sebelum digunakan untuk memastikan aman untuk digunakan pada aluminium.

Selalu Keringkan Pasca Cuci

Setelah mencuci peralatan aluminum, pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh dengan lap bersih atau kain yang tidak meninggalkan serat. Aluminium yang dibiarkan basah atau lembap dapat menyebabkan korosi atau bercak air.

Hilangkan Noda dengan Baking Soda

Ada noda membandel yang tidak bisa hilang meski sudah dicuci dengan sabun? Tidak perlu khawatir karena baking soda atau soda kue dapat digunakan sebagai pembersih untuk menghilangkan noda pada peralatan aluminium. 

Kamu hanya perlu membuat membuat pasta dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air, kemudian menggosokkan pasta ini pada noda yang ingin dihilangkan dengan menggunakan spons atau kain lembut.

Hindari Kontak dengan Bahan Berasam

Aluminium dapat bereaksi dengan bahan-bahan asam, seperti tomat atau cuka yang kuat, yang dapat menyebabkan korosi atau perubahan pada permukaannya. Karena itu, hindari menyimpan makanan atau minuman asam dalam wadah aluminium untuk mencegah reaksi kimia yang tidak diinginkan.

Berikan Perawatan Khusus yang Sesuai Kebutuhan

Berdasarkan penggunaan dan kondisinya, mungkin ada beberapa alat berbahan alumunium yang membutuhkan perawatan khusus. Sebagai contoh, peralatan aluminium yang sering digunakan untuk memasak mungkin memerlukan perawatan lebih intensif dibandingkan dengan peralatan yang jarang digunakan.

Simpan dengan Benar

Simpan peralatan aluminium di tempat yang kering dan terlindung dari kelembaban. Jika memungkinkan, simpan peralatan aluminium dengan tidak menumpuknya bersama dengan benda-benda lain, untuk menghindari goresan atau kerusakan pada permukaannya.

Dengan memperhatikan dan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat memastikan bahwa peralatan aluminium tetap dalam kondisi yang baik untuk penggunaan sehari-hari di dapur.

Mau Rumah Bersih? Luce Solusinya!

Jika kamu butuh bantuan untuk membersihkan semua perabot rumah, termasuk peralatan aluminium, pertimbangkan untuk menggunakan jasa bersih rumah Luce! Tim pembersih profesional kami tidak hanya memiliki pengetahuan tentang bahan dan peralatan yang aman digunakan, tetapi juga dapat membantu kamu menjaga rumah tetap bersih dan rapi dalam keadaan apapun!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
You subscribed successfully!
Welcome to Luce community! You can cancel your subscription at any time
by clicking on the Unsubscribe link in every newsletter.
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Related articles
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah
Home Cleaning
Jangan Asal! Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Segala Jenis Permukaan
Home Cleaning
9 Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Bersih
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Berbagai Jenis Coretan di Tembok
Home Cleaning
Tips Mudah Membersihkan Gelas dengan Sitrun: Dijamin Aman dan Kinclong!
Scroll to Top