10 Cara Ampuh Membersihkan Kaca yang Buram

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Kaca adalah salah satu komponen penting di berbagai bagian hunian karena fungsinya yang beragam. Kaca bisa digunakan sebagai jendela, sekat, hingga dekorasi!

Namun sayangnya, kaca sangat rentan terhadap kotoran, debu, dan jamur yang dapat membuat kaca cepat terlihat kusam dan buram. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kaca di rumah, sangat penting untuk mengetahui metode efektif untuk membersihkan kaca yang buram. Dengan memberikan perawatan yang tepat, maka kaca dapat tetap terlihat jernih, bersih, dan tentunya akan mempercantik tampilan rumah kamu!

Apa Penyebab Kaca Menjadi Buram?

Jamur

Jamur dapat meninggalkan noda yang sulit dihilangkan dan membuat kaca terlihat buram. Kaca yang terpapar kelembaban tinggi atau berada di area yang kurang ventilasi seringkali menjadi tempat berkembang biaknya jamur. 

Biasanya ini terjadi pada kaca yang ditempatkan di kamar mandi, seperti pintu shower dan cermin. Kaca pada kamar mandi sering kali terkena jamur karena tingginya kelembaban dan kurangnya ventilasi pada ruangan. Uap air dari mandi menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur

Plak atau Kerak

Plak atau kerak dapat terbentuk akibat residu mineral dari air, terutama pada kaca yang sering terkena air seperti pada akuarium. Kaca akuarium sering terkena kerak akibat mineral yang ada dalam air akuarium. 

Penguapan air dan penggantian air yang tidak rutin dapat meningkatkan penumpukan mineral dan menyebabkan plak pada dinding kaca akuarium. Plak inilah yang membuat kaca kehilangan kejernihannya dan tampak kotor.

Jarang Dibersihkan

Kaca yang jarang dibersihkan akan menumpuk debu, kotoran, dan berbagai partikel lainnya dari waktu ke waktu. Penumpukan ini menyebabkan kaca menjadi buram dan sulit untuk melihat melalui kaca dengan jelas.

Bagaimana Cara Membersihkan Kaca Buram?

Membersihkan kaca yang buram tentunya memerlukan metode dan pembersih yang efektif. Berikut beberapa alat pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan dan mengembalikan kilau kaca buram dengan mudah, yang sudah kami rangkum dibawah!

1. Alkohol

Alkohol adalah salah satu bahan paling efektif untuk membersihkan kaca yang buram. Alkohol adalah cairan yang cepat menguap, tidak meninggalkan residu, dan sangat efektif mengangkat minyak dan segala jenis kotoran yang ada pada kaca!

Cara Menggunakan:  Untuk menggunakan alkohol sebagai pembersih kaca, sangatlah mudah.  Semprotkan alkohol isopropil ke permukaan kaca yang buram, kemudian gosok dengan kain bersih. Bersihkan dengan gerakan melingkar hingga kotoran terangkat dan kaca menjadi bersih.

2. Air Lemon

Lemon memiliki sifat asam yang dapat melarutkan kotoran dan memberikan aroma segar, sehingga jika kamu mencari pembersih natural yang efektif untuk membersihkan kaca buram; maka lemon adalah pilihan yang sangat tepat!

Cara Menggunakan: Campurkan air perasan lemon dengan air dalam rasio 1:2 dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan campuran tersebut ke kaca, lalu gosok dengan kain microfiber hingga bersih.

3. Filter Kopi

Saat dijadikan sebagai alat untuk pembersih, filter kopi tidak meninggalkan serat, sehingga kaca menjadi bersih tanpa goresan atau residu. Filter kopi sangat efektif untuk menghapus debu, kotoran ringan, dan noda dari kaca, sehingga kaca tetap jernih dan bebas goresan. Filter kopi juga ideal untuk membersihkan permukaan kaca yang halus seperti jendela, cermin, dan layar perangkat elektronik.

Cara Menggunakan: Semprotkan pembersih kaca atau campuran pembersih lainnya, dan gunakan filter kopi kering untuk menggosok permukaan kaca. 

cara membersihkan kaca buram

4. Kaporit

Tidak hanya untuk membersihkan kolam renang, kaporit juga efektif loh untuk membunuh jamur dan bakteri yang menyebabkan kaca buram! 

Cara Menggunakan: Larutkan sedikit kaporit dalam air, lalu gunakan kain untuk mengaplikasikannya ke kaca. Gosok kaca dengan kain yang sudah dibasahi larutan kaporit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

5. Pasta Gigi

Barang yang pastinya selalu ada dirumah ini juga sangat efektif loh untuk digunakan sebagai pembersih kaca! Pasta gigi mengandung bahan abrasif ringan yang dapat menghilangkan noda tanpa menggores kaca.

Cara Menggunakan: Oleskan pasta gigi non-gel ke kain basah dan gosokkan ke kaca. Gosok permukaan kaca dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air dan keringkan.

6. Asam Sitrat

Sudah tidak diragukan lagi bahwa asam sitrat adalah bahan pembersih yang sangat efektif untuk membersihkan segala jenis permukaan, termasuk kaca yang buram. Pada kaca yang buram, asam sitrat sangat efektif melarutkan plak dan kerak pada kaca.

Cara Menggunakan: Larutkan asam sitrat dalam air hangat dan gunakan botol semprot untuk mengaplikasikannya ke kaca. Semprotkan larutan ke kaca, biarkan beberapa menit, lalu gosok dengan kain microfiber.

7. Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian juga dapat menghilangkan noda membandel dan membunuh kuman pada kaca.

Cara Menggunakan: Campurkan sedikit pemutih dengan air dan gunakan kain untuk mengaplikasikannya ke kaca. gosok kaca dengan kain yang sudah dibasahi larutan pemutih, bilas dengan air bersih, dan keringkan.

8. Sabun Cuci Piring

Tidak hanya untuk piring dan perlengkapan masak lainnya, sabun cuci piring seperti Sunlight juga sangat efektif lho untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel pada kaca. Tidak hanya itu, sabun cuci piring juga relatif aman digunakan pada berbagai jenis kaca.

Cara Menggunakan: Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat. Kemudian, gunakan spons atau kain untuk menggosok kaca dengan campuran tersebut, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

9. Pembersih Khusus Kaca

Jika kamu mencari pembersih yang memang diformulasikan untuk membersihkan kaca, maka ada baiknya berinvestasi dan membeli pembersih khusus kaca yang bisa dibeli di supermarket terdekat. 

Cara Menggunakan: Semprotkan pembersih kaca ke permukaan yang buram sesuai dengan petunjuk produk. Usap dengan kain microfiber atau kertas koran hingga bersih.

10. Cuka dan Sabun Cuci Piring

Kombinasi cuka dan sabun cuci piring ini tidak hanya bisa membersihkan kaca, namun juga sangat efektif untuk memberikan kilap pada kaca. Mengembalikannya ke kondisi seperti baru dibeli!

Cara Menggunakan: Campurkan cuka putih dan sabun cuci piring dalam rasio 1:1, lalu tambahkan air. Semprotkan campuran ke kaca, dan biarkan beberapa menit. Setelah itu gosok kaca dengan kain microfiber dan bilas dengan air bersih.

Menggunakan metode-metode di atas akan membantu menjaga kebersihan dan kejernihan kaca di rumah, sehingga tetap terlihat bersih!

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membersihkan Kaca

Pastikan Tangan Terlindungi

Saat membersihkan kaca yang buram, selalu gunakan sarung tangan untuk menghindari kemungkinan cedera. Tidak hanya itu, sarung tangan juga dapat melindungi kulit dari iritasi akibat bahan pembersih yang digunakan.

Hindari Bahan Kimia Keras

Untuk menghindari kerusakan pada permukaan kaca, hindari untuk menggunakan pembersih dengan bahan kimia yang keras. Bahan kimia yang terlalu keras dapat merusak lapisan frosting pada kaca, dan mungkin juga menyebabkan goresan. Oleh karena itu, penting untuk memilih pembersih yang lembut dan aman untuk kaca.

Bersihkan dengan Rutin

Sama seperti bagian rumah dan perabot lainnya, kaca juga perlu dirawat dengan cara dibersihkan secara rutin. Pembersihan rutin mencegah penumpukan kotoran, debu, dan jamur yang bisa membuat kaca menjadi buram dan sulit dibersihkan.

Lapisi dengan Bahan Tahan Air

Salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kejernihan kaca adalah dengan melapisi kaca dengan bahan tahan air untuk menghindari munculnya jamur dan noda air pada permukaan kaca. Bahan tahan air seperti sealant silikon, nano coating, atau wax polisher dapat membentuk lapisan pelindung yang mencegah air dan kotoran menempel, sehingga kaca tetap bersih lebih lama.

Cara-cara di atas ini sangat efektif untuk membantu membersihkan kaca yang buram dengan ampuh dan mudah. Dengan menggunakan bahan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah yang disarankan, kamu dapat menjaga kaca di rumah tetap jernih dan bebas dari buram!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
You subscribed successfully!
Welcome to Luce community! You can cancel your subscription at any time
by clicking on the Unsubscribe link in every newsletter.
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Related articles
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah
Home Cleaning
Jangan Asal! Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Segala Jenis Permukaan
Home Cleaning
9 Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Bersih
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Berbagai Jenis Coretan di Tembok
Home Cleaning
Tips Mudah Membersihkan Gelas dengan Sitrun: Dijamin Aman dan Kinclong!
Scroll to Top