7 Cara Membersihkan Lantai Tegel Lama yang Kusam Agar Tampak Baru

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Lantai tegel adalah salah satu jenis lantai yang paling umum digunakan baik untuk hunian maupun kantor dan kawasan lainnya. Meski umumnya tegel adalah salah satu jenis lantai yang kuat dan tahan lama, ketika tegel sering diinjak dan terkena aktivitas sehari-hari, tidak menutup kemungkinan permukaannya akan menjadi aus dan kehilangan kilap aslinya. 

Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi estetika lantai, tetapi juga bisa membuatnya lebih sulit dibersihkan dan dirawat. Oleh karena itu penting memahami penyebab kekusaman pada tegel lama agar dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam perawatan dan pemulihannya.

Beberapa Penyebab Umum Kekusaman pada Tegel

Kotoran Debu Berkerak

Kotoran dan debu yang menumpuk di permukaan tegel bisa mengeras dan membentuk kerak jika tidak dibersihkan secara rutin. Kerak ini tidak hanya membuat tegel terlihat kusam tetapi juga dapat merusak permukaan tegel seiring waktu. Ini dapat membuat tegel menjadi sulit dibersihkan, tampak pudar, dan kehilangan kilap aslinya.

Terpapar Air dengan Kandungan Kapur Tinggi

Tegel yang dipasang di area seperti kamar mandi, dapur, atau ruang cuci, yang rentan terhadap kelembapan; akan membuat tegel lebih mudah terpapar air dengan kandungan kapur tinggi. Kondensasi yang terjadi di area ini dapat meninggalkan endapan mineral ketika air menguap.

Air yang mengandung kapur tinggi dapat meninggalkan residu mineral pada permukaan tegel. Ketika air ini menguap, residu kapur mengendap dan membentuk lapisan yang sulit dihilangkan, menyebabkan tegel tampak kusam dan bernoda. 

Terkena Minuman Berperisa

Tumpahan minuman berperisa seperti jus, soda, atau kopi dapat meninggalkan noda yang sulit dihilangkan pada permukaan tegel. Asam dan pewarna dalam minuman ini dapat meresap ke dalam pori-pori tegel, menyebabkan perubahan warna dan kekusaman. Minuman berperisa yang tumpah ke atas tegel dan tidak langsung dibersihkan dengan betul akan menyebabkan tegel bernoda, terlihat tidak rata warnanya, dan kehilangan kilapnya.

Menggunakan Pembersih Abrasif

Terakhir, pembersih yang mengandung bahan abrasif juga dapat mengikis permukaan tegel, merusak lapisan pelindung, dan membuatnya lebih rentan terhadap kotoran dan noda. Pembersih abrasif dapat menyebabkan permukaan tegel menjadi kasar, mudah kusam, dan lebih sulit untuk mempertahankan kebersihan dan kilapnya. 

Bagaimana Cara Membersihkan Lantai Tegel yang Kusam?

1. Menggunakan Sitrun

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan lantai tegel yang kusam adalah dengan menggunakan sitrun. Untuk menggunakan sitrun sebagai pembersih tegel kusam, kamu bisa campurkan sitrun dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke seluruh permukaan lantai tegel, lalu gosok dengan sikat lembut dengan gerakan memutar. Setelah seluruh permukaan lantai tegel telah digosok, bilas dengan air bersih.

2. Menggunakan Cuka

Sudah bukan rahasia lagi bahwa cuka bisa berfungsi sebagai bahan pembersih selain untuk penyedap masakan. Salah satu yang bisa dibersihkan cuka adalah, lantai tegel yang kusam. Untuk menggunakan cuka, kamu hanya perlu mencampurkan cuka dengan air lalu gunakan larutan tersebut untuk mengepel permukaan lantai tegel.

3. Kaporit

Kaporit dikenal memiliki sifat pemutih yang kuat dan mampu menghilangkan noda membandel serta kotoran yang menempel pada permukaan tegel. Ini membuatnya sangat efektif untuk membersihkan tegel yang terkena kotoran berat atau kerak. Selain membersihkan, kaporit juga memiliki sifat desinfektan yang ampuh membunuh kuman, bakteri, dan jamur yang mungkin tumbuh pada permukaan tegel.

Untuk membuat pembersih tegel dengan kaporit, kamu bisa mencampurkan kaporit dengan air dalam ember sesuai dengan instruksi pada kemasan kaporit. Celupkan kain pel atau spons ke dalam larutan kaporit, kemudian peras sedikit agar tidak terlalu basah. Oleskan larutan kaporit ke permukaan lantai tegel, dan dengan menggunakan sikat, gosok permukaan tegel dengan gerakan melingkar. Biarkan larutan kaporit meresap dan bekerja selama beberapa menit untuk mengangkat kotoran dan noda. Kemudian bilas lantai tegel dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kaporit. 

4. Cairan Karbol

Karbol adalah alat pembersih yang sering ada di rumah-rumah. Dan perlu diketahui bahwa karbol juga merupakan pembersih yang efektif untuk mengembalikan tegel yang kusam! Karbol juga biasanya memiliki aroma yang kuat, sehingga dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada tegel yang ditempatkan di area yang sering terpapar kelembaban atau penggunaan sehari-hari, seperti dapur dan kamar mandi.

5. Tepung Terigu

Bahan lain yang mudah ditemukan, dan efektif untuk membersihkan lantai tegel adalah tepung terigu. Tepung terigu efektif karena dapat mengikat minyak yang menempel di lantai. Untuk membersihkan tegel dengan tepung terigu, kamu hanya tinggal menaburkan tepung terigu di seluruh permukaan lantai tegel rumah. Biarkan selama satu jam, lalu bersihkan tepung terigu sambil menggosok-gosoknya. Selanjutnya, bilas tegel dengan air hingga bersih.

6. Menggunakan Belimbing Wuluh

Siapa sangka, ternyata belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk membersihkan lantai tegel yang kusam! Caranya, siapkan beberapa buah belimbing wuluh sesuai dengan luas area lantai yang ingin dibersihkan. Haluskan belimbing wuluh dan gosokkan pada lantai tegel yang kusam. Setelah seluruh permukaan lantai tergosok, biarkan selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih dan lap sisa belimbing wuluh hingga kering.

7. Menggunakan Baking Soda dan Pasta Gigi

Baking soda dan pasta gigi dapat menjadi kombinasi sangat efektif untuk membersihkan lantai tegel yang kusam. Untuk menggunakan dua bahan ini, kamu bisa campurkan kedua bahan hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan campuran ini secara merata ke seluruh permukaan lantai tegel.

Gunakan sikat lembut untuk menggosok permukaan lantai dengan gerakan melingkar, memastikan semua area yang kotor atau kusam tertangani. Setelah selesai menggosok, bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan residu. Lantai tegel akan terlihat lebih bersih dan berkilau setelah proses ini.

Tips Merawat Lantai Tegel Agar Tetap Bersih dan Berkilau!  

  • Sapu Rutin: Gunakan sapu biasa untuk membersihkan agar kotoran tidak menumpuk pada lantai tegel. 
  • Pel dengan Air Bersih: Lanjutkan proses pembersihan dengan mengepel menggunakan air bersih, dan cairan pembersih lantai yang terjamin tidak akan merusak lantai tegel. Banyak pembersih lantai yang mengandung bahan kimia yang dapat merusak warna dan desain tegel jika digunakan secara berlebihan.
  • Bersihkan dengan Sigap: Bersihkan dengan cepat jika ada kotoran atau tetesan yang mengenai lantai tegel, terutama yang terbuat dari bahan asam dan minyak. 
  • Gunakan Pembersih dengan pH Netral: Pembersih pH netral memiliki tingkat keasaman yang sesuai dengan pH alami bahan, sehingga tidak akan merusak atau mengubah warna lantai. 
  • Pastikan Lantai Kering: Pastikan lantai tegel selalu kering setelah dibersihkan. 

Dengan melakukan perawatan rutin harian dan pembersihan mendalam secara berkala, mudah untuk menjaga lantai tegel tetap bersih, berkilau, dan tahan lama.

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
You subscribed successfully!
Welcome to Luce community! You can cancel your subscription at any time
by clicking on the Unsubscribe link in every newsletter.
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Related articles
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah
Home Cleaning
Jangan Asal! Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Segala Jenis Permukaan
Home Cleaning
9 Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Bersih
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Berbagai Jenis Coretan di Tembok
Home Cleaning
Tips Mudah Membersihkan Gelas dengan Sitrun: Dijamin Aman dan Kinclong!
Scroll to Top