9 Cara Membersihkan Rumah yang Sudah Lama Kosong

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Berencana untuk membeli rumah bekas yang sudah lama tidak dihuni? Atau baru saja meninggalkan rumahmu untuk waktu yang lama dalam keadaan yang kosong? Tentunya ketika rumah sudah lama kosong, sering kali akan dipenuhi oleh debu, jamur, sarang laba-laba, dan berbagai hal lainnya.

Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan, maka sebelum mulai menempati rumah tersebut, penting untuk memahami cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Buka Semua Pintu dan Jendela

Pertama-tama mulai proses pembersihan dengan membuka semua pintu dan jendela dalam rumah terlebih dahulu. Membuka pintu dan jendela memiliki beberapa manfaat, terutama saat ingin menghilangkan pengap dan sebelum memulai pembersihan. Dengan membuka pintu dan jendela, aliran udara segar yang masuk ke dalam rumah akan meningkat sehingga mendorong keluar udara pengap yang terperangkap di dalam.

Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, maka ini akan membantu mengurangi kelembaban berlebih dan mengurangi bau tidak sedap dalam rumah yang sudah lama kosong. Durasi membiarkan rumah dalam keadaan terbuka bisa bervariasi, tetapi umumnya 15-30 menit adalah waktu yang cukup untuk memperbarui udara dalam rumah yang lama kosong.

Memeriksa Kerusakan Rumah

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memeriksa kerusakan rumah. Karena ini merupakan langkah penting dan krusial, maka umumnya perlu bantuan profesional untuk melakukannya. Para ahli ini memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk menilai kondisi keseluruhan, serta elemen lain di dalam rumah. 

Mereka akan memeriksa seluruh bagian rumah, mulai dari pondasi, dinding, atap, hingga sistem kelistrikan dan pipa, guna memastikan semuanya dalam keadaan baik dan aman. Setelah inspeksi, para ahli ini juga akan memberikan laporan detail yang mencakup temuan-temuan mereka, termasuk potensi masalah dan rekomendasi perbaikan. 

Informasi ini sangat berharga bagi kamu selaku pemilik rumah untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari rumah dan untuk mengambil tindakan yang diperlukan guna mencegah kerusakan lebih lanjut atau melakukan perbaikan yang diperlukan.

Keluarkan dan Bersihkan Furniture

Mengeluarkan semua furnitur dan barang-barang dari dalam rumah, terutama yang berbahan kayu, merupakan langkah penting untuk memastikan furniture mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari bisa menjadi desinfektan alami yang dapat membantu membunuh jamur, bakteri, dan hama yang mungkin bersarang di dalam kayu. 

Selain itu, sinar matahari juga dapat mengurangi kelembaban yang sering kali menjadi penyebab utama kerusakan pada furnitur kayu, seperti pembusukan atau serangan rayap. Menaruh barang-barang diluar, juga bisa membantu untuk membersihkan setiap sudut rumah dengan lebih menyeluruh, memastikan tidak ada area yang terlewatkan selama proses pembersihan.

cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong

Buang Barang yang Sudah Rusak

Jika rumah kosong memiliki banyak barang di dalamnya, maka menyortir barang yang sudah rusak maupun tidak terpakai merupakan langkah penting untuk dilakukan. Dengan mengurangi barang tidak terpakai dalam rumah, maka kamu bisa mencegah timbulnya debu dan kotoran tambahan di dalam rumah. 

Barang-barang yang sudah rusak sering kali menjadi sumber debu, serbuk kayu, atau serpihan yang dapat menyebar ke seluruh ruangan, menciptakan lingkungan yang tidak sehat dan lebih sulit untuk dibersihkan. 

Dengan memisahkan dan membuang barang-barang yang tidak lagi bisa digunakan, kamu tidak hanya mengurangi jumlah debu dan kotoran, tetapi juga menciptakan ruang yang lebih rapi dan terorganisir.

Bersihkan Dinding Rumah

Membersihkan dinding rumah adalah langkah penting dalam merawat dan memperbaiki kondisi rumah, terutama setelah lama kosong. Dinding adalah bagian rumah yang paling rawan mengalami kerusakan, seperti noda, jamur, dan retakan. Membersihkan dinding secara menyeluruh dapat menghilangkan debu, kotoran, dan kontaminan lain yang menempel, sehingga mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Selain itu, pengecatan ulang dinding dapat juga menjadi cara efektif untuk membuat rumah tampak lebih segar dan baru. Proses ini tidak hanya memperbaiki penampilan rumah, tetapi sekaligus juga memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap dinding.

Bersihkan Rumah dari Bagian Atas 

Saat melakukan pembersihan, maka cara terbaik melakukannya adalah dengan membersihkan rumah dari bagian atas ke bawah, untuk memastikan kebersihan yang menyeluruh dan efisien. Mulailah dengan membersihkan plafon dan dinding bagian atas, fokus pada menghilangkan sarang laba-laba dan debu yang menempel di langit-langit. 

Hal ini penting karena debu dan kotoran yang ada di bagian atas cenderung jatuh ke bawah saat dibersihkan. Setelah membersihkan bagian atas, jangan lupa untuk mengelap kaca dan kusen jendela sehingga tidak ada debu yang tersisa di area tersebut. 

Lanjutkan dengan Membersihkan Lantai Rumah

Setelah semua bagian atas sudah bersih, kamu bisa melanjutkan dengan membersihkan area lantai. Proses pembersihan lantai yang menyeluruh, dengan menyapu dan mengepel sangat penting untuk menghilangkan sebagian besar debu dan kotoran yang mungkin jatuh selama pembersihan bagian atas. Pembersihan dari atas ke bawah akan memastikan rumah benar-benar bersih dan bebas debu!

Bersihkan Kamar Mandi

Membersihkan kamar mandi secara menyeluruh adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan ruang yang paling rentan terhadap bakteri dan jamur pada rumah kosong ini. 

Mulailah dengan membersihkan kerak yang menumpuk di toilet menggunakan cairan pembersih khusus untuk melawan noda membandel. Setelah itu, lanjutkan dengan menggosok semua bagian kamar mandi, termasuk toilet, wastafel, keran, dinding, dan lantai. 

Gunakan sikat atau spons yang sesuai untuk memastikan setiap permukaan bebas dari kotoran, noda, dan residu sabun. Membersihkan secara menyeluruh tidak hanya membuat kamar mandi terlihat lebih bersih, tetapi juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, menjadikan kamar mandi lebih sehat dan nyaman untuk digunakan.

Rapikan Taman Depan Rumah

Langkah terakhir yang tidak kalah penting, adalah merapikan taman depan rumah. Taman depan yang rapi dan indah dapat meningkatkan kenyamanan dan kebanggaan pemilik rumah, serta berkontribusi pada nilai properti secara keseluruhan.

Untuk merapikan taman depan rumah, bisa mulai dengan memangkas rumput yang sudah tinggi untuk menciptakan kesan yang lebih rapi dan terawat. Selain itu, menambahkan dekorasi tanaman hias dapat memberikan sentuhan estetika yang membuat taman terlihat lebih menarik dan hidup. Langkah-langkah ini tidak hanya mempercantik tampilan rumah dari luar tetapi juga memberikan kesan pertama yang positif kepada tamu dan penghuni.

Membersihkan rumah yang sudah lama kosong tentunya bukan perkara mudah. Banyak sekali hal yang perlu dilakukan untuk memastikan rumah bisa kembali bersih dan rapi. Daripada membersihkan rumah yang sudah lama kosong sendiri, maka lebih baik mempercayakan jasa bersih rumah untuk mendapatkan rumah yang bersih dan bebas kotor. Dengan bantuan tim profesional, kamu dapat menikmati hasil yang optimal tanpa harus mengeluarkan tenaga dan waktu lebih!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
You subscribed successfully!
Welcome to Luce community! You can cancel your subscription at any time
by clicking on the Unsubscribe link in every newsletter.
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Related articles
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah
Home Cleaning
Jangan Asal! Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Segala Jenis Permukaan
Home Cleaning
9 Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Bersih
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Berbagai Jenis Coretan di Tembok
Home Cleaning
Tips Mudah Membersihkan Gelas dengan Sitrun: Dijamin Aman dan Kinclong!
Scroll to Top