8 Cara Mudah dan Efektif Untuk Membersihkan Setrika Lengket

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Permukaan setrika bisa menjadi lengket seiring waktu, ketika residu dari bahan pakaian atau produk yang digunakan, seperti pelembut kain menempel. Hal ini bisa menyebabkan setrika sulit bergerak dengan lancar di atas kain, membuat proses menyetrika lebih sulit dan memakan waktu. Tidak hanya itu, residu yang lengket dapat menempel pada pakaian, menyebabkan noda atau bahkan kerusakan permanen pada pakaianmu.

Cara terbaik untuk menghindari masalah ini, adalah dengan membersihkan setrika secara berkala. Dengan membersihkan setrika, kamu dapat mengembalikannya ke kondisi optimal sehingga menyetrika menjadi lebih mudah dan pakaian terlindungi dari kerusakan. Temukan cara terbaik untuk membersihkan permukaan setrika yang lengket, dengan membaca panduan dibawah ini!

8 Cara Mudah dan Efektif Untuk Membersihkan Setrika Lengket

Lilin

Menggunakan lilin adalah salah satu cara paling efektif (dan unik) untuk menghilangkan kerak lengket pada setrika. Pertama-tana, nyalakan setrika hingga panas kemudian cabut kabel setrika dan colokan. Diamkan beberapa saat hingga permukaan setrika menjadi hangat, kemudian kamu hanya perlu menggosokkan lilin pada permukaan setrika. Lilin akan meleleh dan melapisi bagian yang lengket. Setelah itu, lap permukaan setrika dengan kain bersih untuk mengangkat residu lilin dan kotoran yang menempel.

Koran

Punya koran bekas yang sudah tidak terpakai di rumah? Jangan langsung dibuang ya, karena ini bisa menjadi cara efektif untuk membersihkan setrika lengket. Tinta pada kertas koran dapat membantu mengangkat bagian yang lengket pada setrika, sehingga setrika dapat digunakan kembali. Untuk menggunakan cara ini, kamu perlu memanaskan setrika terlebih dahulu, kemudian gosokkan setrika pada koran yang telah diletakkan di atas permukaan keras. Gerakan ini akan membantu menghilangkan residu yang menempel pada setrika.

Pasta Gigi

Pasta gigi atau odol juga bisa menjadi solusi efektif untuk menghilangkan kerak pada setrika lho! Barang ini juga pasti dapat dengan mudah kamu temukan dirumah, sehingga bisa menjadi solusi yang hemat dan praktis!

Untuk membersihkan setrika yang lengket dengan pasta gigi, pertama-tama pastikan setrika tidak menyala dan permukaannya dingin. Kemudian, oleskan pasta gigi secara merata pada bagian yang berkerak. Kandungan abrasif dalam pasta gigi akan membantu mengangkat kerak setelah didiamkan beberapa saat. Setelah itu, gosok permukaan setrika dengan kain lembut atau spons untuk menghilangkan sisa pasta gigi dan kotoran.

Cuka Putih

Cuka juga merupakan cara yang sangat efektif untuk menghilangkan kotoran dan residu yang lengket. Untuk menggunakannya, pertama kamu perlu mencampurkan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama untuk membuat larutan cuka. Sebelum menggunakan larutan ini pada setrika, panaskan setrika terlebih dahulu, kemudian matikan sumber listriknya.

Pastikan setrika masih dalam kondisi panas tetapi aman untuk dibersihkan. Celupkan kain bersih yang cukup tebal dan tahan panas ke dalam larutan cuka yang telah dibuat. Kemudian, bersihkan permukaan setrika yang lengket dengan lembut menggunakan kain tersebut. Gosok perlahan hingga kotoran benar-benar hilang.

daun pisang dapat membersihkan setrika lengket

Daun Pisang

Cara yang cukup aneh, tapi sangat efektif loh untuk membersihkan setrika lengket! Siapkan beberapa lembar daun pisang segar, lalu gosokkan pada permukaan setrika yang hangat. Enzim alami dalam daun pisang membantu melarutkan residu dan membuat setrika kembali bersih. Setelah semua sisa-sisa lengket terangkat, bersihkan permukaan setrika dengan kain basah.

Soda Kue dan Air

Menggunakan pasta soda kue adalah salah satu metode efektif untuk membersihkan setrika yang lengket dan gosong. Kamu hanya perlu membuat pasta dari soda kue, dengan cara mencampurkan soda kue dengan sedikit air. Aduk campuran tersebut sampai merata dan siapkan juga lap atau spons lembut.

Setelah semua siap, kamu hanya tinggal mengoleskan pasta soda kue pada area setrika yang lengket dan biarkan selama beberapa menit. Kotoran yang lengket dan gosong akan terangkat oleh pasta tersebut. Setelah itu, bersihkan setrika dengan kain bersih dan kering hingga tidak ada sisa soda kue yang tertinggal.

Lap dengan Air Basah

Jika kerak lengket di setrika masih sedikit, kamu cukup membersihkan permukaan setrika dengan kain basah. Ulangi proses ini beberapa kali sampai permukaan setrika benar-benar bersih. Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mencegah masalah kerak lengket pada setrika menjadi parah. 

Garam dan Kertas Aluminium

Panaskan setrika, lalu taburkan garam di atas selembar kertas aluminium. Gosokkan setrika pada garam tersebut dengan gerakan melingkar. Garam akan membantu mengangkat kotoran yang lengket dari permukaan setrika. Setelah proses ini selesai, jangan lupa untuk membersihkan sisa garam dengan kain basah.

Tips Perawatan Setrika Agar Tahan Lama!

Tidak hanya membersihkan secara rutin, kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips perawatan dibawah ini, agar  setrika selalu dalam kondisi baik dan dapat berfungsi optimal.

  • Bersihkan permukaan setrika secara berkala: Membersihkan permukaan setrika secara rutin membantu menghindari penumpukan residu dan kotoran yang dapat merusak pakaian dan mengurangi efisiensi setrika. 
  • Hindari menyetrika pada suhu terlalu tinggi: Setiap jenis kain memiliki suhu setrika yang direkomendasikan. Menggunakan suhu yang terlalu tinggi dapat merusak kain dan setrika itu sendiri. Karena itu, selalu periksa label pakaian dan sesuaikan suhu setrika sesuai dengan jenis kain.
  • Jangan menggunakan setrika pada kain basah: Menyetrika kain yang masih basah dapat menyebabkan kerusakan pada setrika dan kain. Pastikan kain dalam keadaan lembab atau kering sebelum disetrika untuk hasil yang lebih baik dan menjaga keawetan setrika.
  • Jangan menekan terlalu kuat saat menyetrika: Menekan setrika terlalu kuat dapat merusak permukaan setrika dan kain. Biarkan berat setrika dan suhu yang tepat melakukan pekerjaannya tanpa perlu tekanan berlebih.
  • Cabut kabel listrik setrika setelah penggunaan: Mematikan setrika dan mencabut kabel listrik setelah digunakan membantu mencegah overheating dan potensi kebakaran. Ini juga membantu menghemat energi dan memperpanjang umur setrika.
  • Pastikan setrika sudah dingin sebelum disimpan: Menyimpan setrika dalam keadaan panas dapat merusak permukaan dan komponen internalnya. Pastikan setrika benar-benar dingin sebelum menyimpannya di tempat yang aman dan kering.

Setrika yang bersih tidak hanya memudahkan pekerjaan menyetrika dan melindungi pakaian dari kerusakan, tetapi juga membantu memperpanjang usia alat. Dengan rutin membersihkan setrika, dengan salah satu cara diatas, kamu dapat memastikan bahwa setrika di rumah berfungsi optimal dan tahan lama.

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
You subscribed successfully!
Welcome to Luce community! You can cancel your subscription at any time
by clicking on the Unsubscribe link in every newsletter.
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Related articles
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah
Home Cleaning
Jangan Asal! Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Segala Jenis Permukaan
Home Cleaning
9 Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Bersih
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Berbagai Jenis Coretan di Tembok
Home Cleaning
Tips Mudah Membersihkan Gelas dengan Sitrun: Dijamin Aman dan Kinclong!
Scroll to Top