Cara Mencuci Baju dengan Sitrun di Mesin Cuci: Praktis dan Efektif!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Mencuci baju dengan menggunakan sitrun atau asam sitrat terbukti menjadi salah satu metode efektif untuk merawat pakaian. Selain dapat membersihkan baju kotor dengan maksimal, sitrun juga bisa mengatasi noda membandel, menjaga kecerahan warna pakaian yang mulai pudar, dan membantu membersihkan mesin cuci dari kotoran yang menumpuk.

Karena itu, penggunaan sitrun sebagai bahan pencuci pakaian merupakan solusi tepat dan ramah lingkungan untuk memastikan pakaian kamu tetap bersih dan terawat dengan baik. Mau tau bagaimana cara menggunakan sitrun untuk mencuci pakaian? Yuk, baca penjelasan lengkapnya dibawah!

Cara Mencuci Baju dengan Sitrun di Mesin Cuci

Langkah 1: Kosongkan Mesin Cuci

Sebelum memulai proses mencuci, pastikan mesin cuci dalam keadaan kosong. Ini penting untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal di dalam mesin. Jika diperlukan, bersihkan bagian dalam mesin cuci dari sisa-sisa deterjen atau kotoran sebelumnya untuk hasil pencucian yang lebih baik.

Langkah 2: Masukkan Sitrun ke dalam Mesin Cuci

Siapkan larutan sitrun dengan mencampurkan sekitar 3 sendok makan asam sitrat dalam 2-3 liter air hangat. Masukkan larutan yang sudah disiapkan dengan cara menuangkannya ke dalam drum mesin cuci. Pastikan larutan merata di seluruh drum untuk efektivitas pencucian yang maksimal.

Langkah 3: Tambahkan Pakaian

Setelah memasukkan larutan sitrun, tambahkan pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin. Pastikan untuk tidak mengisi mesin cuci terlalu penuh agar pakaian dapat tercuci dengan optimal.

Langkah 4: Nyalakan Mesin Cuci

Setelah memasukkan pakaian, tutup pintu mesin cuci dengan rapat dan pastikan semua pengaturan mesin sesuai dengan jenis pakaian dan tingkat kekotorannya. Kamu juga perlu mengatur suhu air dan pilihan siklus sesuai kebutuhan.

Langkah 5: Jalankan Siklus Pencucian

Mulailah siklus pencucian sesuai dengan preferensi. Proses ini akan memungkinkan air dan asam sitrat dari sitrun bersirkulasi di dalam mesin cuci, sehingga pakaian dapat bebas dari kotoran dan segala jenis noda.

Langkah 6: Bilas dan Keringkan

Setelah siklus pencucian selesai, lanjutkan dengan siklus bilasan. Pastikan semua residu asam sitrat dan deterjen terbilas dengan baik dari pakaian. Setelah itu, kamu bisa mengeringkan pakaian sesuai dengan preferensi. Baik itu dengan menjemur di bawah sinar matahari atau menggunakan mesin pengering.

Perlu diketahui bahwa mencuci baju dengan sitrun tidak hanya efektif untuk membersihkan pakaian lho, tetapi juga membantu menjaga mesin cuci tetap bersih dari kotoran yang menumpuk! 

mencuci baju dengan sitrun

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Mencuci Baju dengan Sitrun!

Perlu diingat, saat mencuci baju dengan sitrun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan hasil yang optimal dan menjaga kondisi pakaian.

1. Cek Instruksi Perawatan Pakaian

Sebelum menggunakan sitrun untuk mencuci pakaian, pastikan untuk memeriksa label instruksi perawatan pada pakaian tersebut. Beberapa bahan atau warna tertentu mungkin memerlukan perawatan khusus atau tidak cocok dengan asam sitrat. Pastikan pakaian kamu aman untuk dicuci dengan sitrun.

2. Penggunaan Jumlah Sitrun yang Tepat

Jumlah sitrun yang digunakan tergantung pada ukuran mesin cuci dan banyaknya pakaian yang dicuci. Memperhatikan penggunaan jumlah sitrun penting, karena terlalu banyak menggunakannya bisa mengakibatkan masalah seperti residu sitrun yang sulit dibilas.

3. Pilih Suhu Air yang Tepat

Asam sitrat pada dasarnya lebih efektif digunakan pada suhu air hangat atau dingin daripada air panas. Kamu juga perlu memperhatikan jenis kain dan tingkat kekotoran pakaian, saat memilih suhu air yang mau digunakan untuk mencuci.

4. Bilas dengan Benar

Setelah siklus pencucian selesai, pastikan untuk melakukan siklus bilasan untuk menghilangkan semua residu asam sitrat dan deterjen. Jangan sampai masih ada residu sitrun yang tersisa, karena bisa membuat pakaian menjadi lengket.

5. Frekuensi Penggunaan

Meskipun sitrun efektif sebagai bahan pencuci alternatif, tidak disarankan untuk menggunakannya setiap kali mencuci. Gunakan secara teratur tapi tidak terlalu sering untuk menghindari potensi kerusakan pada serat pakaian atau mesin cuci.

6. Gunakan Bersamaan dengan Detergen

Untuk hasil pencucian yang optimal, gunakan sitrun bersamaan dengan detergen. Detergen akan membantu mengangkat kotoran dan minyak dari pakaian, sedangkan sitrun membantu menghilangkan noda.

Inilah beberapa cara dan tips yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan sitrun untuk mencuci baju. Dengan memperhatikan penjelasan di atas, kamu pasti dapat mengoptimalkan proses mencuci baju dengan sitrun dan merawat pakaian dengan baik!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
You subscribed successfully!
Welcome to Luce community! You can cancel your subscription at any time
by clicking on the Unsubscribe link in every newsletter.
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Related articles
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah
Home Cleaning
Jangan Asal! Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Segala Jenis Permukaan
Home Cleaning
9 Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Bersih
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Berbagai Jenis Coretan di Tembok
Home Cleaning
Tips Mudah Membersihkan Gelas dengan Sitrun: Dijamin Aman dan Kinclong!
Scroll to Top