10 Tips Terbaik untuk Menjaga Halaman Rumah Bersih & Rapi

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Halaman adalah bagian paling utama pada rumah yang pertama terlihat oleh siapa pun yang berkunjung. Halaman rumah yang bersih tidak hanya meningkatkan estetika rumah tetapi juga mencerminkan kondisi keseluruhan rumah yang sehat dan terawat. 

Oleh karena itu, menjaga kebersihan halaman rumah secara rutin menjadi sangat penting. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga pekarangan tetap rapi, bersih, dan nyaman!

6 Alat Penting Untuk Membersihkan Halaman Rumah

Untuk memastikan kebersihan halaman rumah, ada beberapa alat penting yang perlu kamu miliki. Alat-alat bebersih ini bisa membantu kamu untuk menjaga kebersihan halaman rumah dengan mudah!

Sapu

Sapu adalah alat dasar yang penting untuk membersihkan teras pada halaman rumah dari debu, dan kotoran lainnya. Sapu dengan bulu yang kuat cocok untuk area beraspal atau paving, membantu mengumpulkan kotoran dengan efisien.

Sapu Lidi

Sapu jenis ini sangat berguna untuk membersihkan halaman berumput atau berpasir. Lidi yang kaku dapat mengumpulkan daun-daun kering dan sampah kecil lainnya tanpa merusak rumput. Ini adalah alat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga halaman tetap rapi dan bebas dari kotoran apapun.

Pengki

Agar kotoran yang sudah disapu bisa langsung disingkirkan, maka kamu perlu memiliki pengki. Pengki akan memudahkan proses pembersihan, karena kamu dapat dengan cepat membuang sampah yang terkumpul ke tempat sampah, sehingga kotoran tidak tersebar lagi.

Selang

Selang air diperlukan untuk membersihkan halaman dari debu, lumpur, dan kotoran yang menempel. Selang juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman dan rumput, memastikan halaman tetap hijau dan sehat. Pilih selang dengan tekanan air yang dapat diatur untuk berbagai keperluan pembersihan dan penyiraman pada halaman.

Sikat Lantai

Sikat lantai dengan bulu yang kuat diperlukan untuk menggosok dan membersihkan permukaan yang keras, seperti teras, jalan setapak, atau lantai garasi. Sikat ini membantu menghilangkan noda membandel dan kotoran yang menempel kuat di permukaan.

Gunting Rumput

Menjaga kebersihan halaman rumah tidak akan bisa berhasil kalau rumput pada pekarangan tidak dirapikan secara berkala. Oleh karena itu, gunting rumput adalah alat yang sangat dibutuhkan untuk memangkas rumput dan tanaman hias, menjaga halaman tetap rapi dan teratur.

Dengan menggunakan alat-alat ini, kamu dapat menjaga halaman rumah tetap bersih, rapi, dan sehat, menciptakan lingkungan rumah yang lebih nyaman untuk ditempati!

cara menjaga halaman rumah tetap bersih

10 Cara Menjaga Kebersihan Halaman Rumah

1. Bersihkan Halaman dari Sampah

Untuk membersihkan halaman dari sampah, pertama-tama, kumpulkan sampah di seluruh halaman rumah menggunakan sapu. Setelah semua sampah terkumpul, segera buang ke tempat sampah agar tidak tersebar kembali.

Masih banyak orang yang membakar sampah pekarangan sebagai cara untuk mengurangi sampah. Perlu diingat bahwa ini bukanlah langkah yang tepat dan harus dihindari. Selain bisa membahayakan kesehatan, membakar sampah juga memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap lingkungan. 

2. Menyapu Daun Kering

Kehadiran daun kering pada halaman adalah salah satu penyebab utama halaman terlihat kotor. Untuk menghindari ini, kamu bisa menggunakan sapu lidi untuk mengumpulkan daun-daun kering yang jatuh dari pohon. Lakukan penyapuan secara rutin agar halaman selalu terlihat rapi dan bersih dari dedaunan yang menumpuk.

3. Membasmi Rumput Liar

Rumput liar bisa tumbuh di sela-sela tanaman atau di area terbuka. Cabut rumput liar atau gunakan gunting rumput untuk membasmi rumput yang tidak diinginkan agar tidak mengganggu penampilan halaman.

4. Memangkas Ranting Pohon 

Pangkas ranting-ranting pohon yang terlalu panjang atau yang sudah kering dengan gunting stek. Gunting stek memiliki bentuk pisau melengkung, sehingga dapat mencengkeram ranting dan memotongnya dengan baik. Pemangkasan tidak hanya membuat pohon terlihat lebih rapi tetapi juga mencegah ranting patah dan jatuh yang bisa menjadi bahaya.

5. Membersihkan Selokan

Ada selokan di sekitar rumahmu? Jika ya, pastikan selokan tersebut bebas dari sampah dan kotoran yang bisa menyumbat aliran air. Selokan yang bersih dapat mencegah munculnya sarang nyamuk dan sumber penyakit, serta mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

Untuk membersihkan selokan, kamu tidak perlu alat khusus yang mahal. Kamu hanya perlu menyiapkan perlengkapan seperti sarung tangan, masker, sekop, dan ember. Dengan sekop kamu bisa mengeluarkan sampah dan lumpur dari selokan, dan mengumpulkannya kedalam ember. Pembersihan manual ini sangat efektif untuk mengatasi penyumbatan karena akumulasi sampah, lumpur, atau kotoran lainnya.

6. Memangkas Tanaman yang Mati dan Kering

Selalu potong bagian tanaman yang sudah mati atau kering untuk mendorong pertumbuhan tanaman baru dan menjaganya tetap sehat. Kamu bisa menggunakan gunting biasa untuk tanaman kecil, atau membeli gunting pemangkas untuk tanaman yang lebih besar dan kokoh. Pemangkasan berkala bisa membuat tanaman yang menghiasi halaman, terlihat lebih rapi dan teratur.

7. Menata Tanaman Hias dengan Rapi

Atur tanaman hias di halaman dengan rapi sesuai dengan jenis dan ukurannya. Penataan yang baik membuat pekarangan terlihat lebih terorganisir dan estetis.

8. Menyiram Tanaman secara Rutin

Siram tanaman di halaman secara rutin, terutama pada musim kemarau. Penyiraman yang teratur memastikan tanaman mendapatkan cukup air untuk tumbuh sehat dan subur. 

9. Membersihkan Genangan Air

Pada musim hujan, umumnya genangan air akan sering muncul di halaman. Jika ini terjadi, segera bersihkan genangan air yang ada di pekarangan untuk mencegah pertumbuhan jentik nyamuk. Genangan air bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak dibersihkan dengan cepat.

Untuk membersihkan genangan air di halaman rumah, kamu memerlukan ember besar, keranjang, atau alat serupa lain untuk mengangkut air keluar dari area genangan. Namun jika genangan air cukup besar, kamu mungkin memerlukan pompa air untuk mengeluarkan air dari area genangan.

10. Menyediakan Tempat Sampah

Letakkan tempat sampah di beberapa titik strategis di halaman rumah. Pastikan tempat sampah selalu tersedia untuk membuang sampah dengan mudah dan menjaga kebersihan pekarangan setiap saat.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat menjaga kebersihan halaman rumah, dan menciptakan rumah yang lebih sehat, rapi, dan nyaman!

Ingin Halaman Bersih? Luce Solusinya!

Jika kamu merasa malas atau tidak punya waktu untuk membersihkan halaman rumah, kamu bisa menggunakan jasa bersih rumah profesional kami lho! 

Tim profesional Luce akan membersihkan seluruh bagian rumahmu, termasuk halaman rumah. Dengan tenaga ahli dan peralatan lengkap, kami akan memastikan halaman dan seluruh rumah kamu tetap bersih dan rapi, tanpa kamu harus repot!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
You subscribed successfully!
Welcome to Luce community! You can cancel your subscription at any time
by clicking on the Unsubscribe link in every newsletter.
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Related articles
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah
Home Cleaning
Jangan Asal! Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Segala Jenis Permukaan
Home Cleaning
9 Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Bersih
Home Cleaning
5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Berbagai Jenis Coretan di Tembok
Home Cleaning
Tips Mudah Membersihkan Gelas dengan Sitrun: Dijamin Aman dan Kinclong!
Scroll to Top